Bioskop Pertama Di Saudi Arabia


Ratusan orang berkumpul membuka sejarah baru di dunia hiburan negeri Arab Saudi. Untuk pertamakalinya sebuah bioskop beroperasi untuk umum.


Sambil membawa popcorn dan softdrink, sebagaimana penonton bioskop di berbagai kota besar di seantero dunia, sekitar 300 warga kota Riyadh’s, yang semuanya pria, hadir di King Fahd Cultural Centre (KFCC), menyaksikan film komedi ‘Menahi’ film buatan Saudi.

Sebagian penonton yang berkumpul datang setelah memperbincangkan lewat facebook “Ini awal perubahan, “ kata Ahmed al-Mokayed, mahasiswa, yang datang bersama adik dan saudara sepupunya.

Pengusaha Abdul Mohsen al-Mani, membawa dua anak lelakinya, ke bioskop, setelah selama 30 tahun hiburan bioskop digagas tapi dilarang untuk hadir. “Ini tahapan pertama dari revolusi damai kami, “ katanya kepada AFP.

“Saya tidak ingin anak-anak saya tumbuh dalam kegelapan. Saya bilang kepada mereka, di masa depan kita akan membicarakan peristiwa hari ini sebagai lelucon, “ katanya menambahkan.

Polisi di depan pintu menjaga sekelompok pendemo dari kaum konservatif yang mengingatkan bahwa film akan membawa bencana bagi negara, dan “gempa kecil” di bumi Saudi Arabia. ‘Allah akan menghukum adanya bioskop ini,” kata salahsatu pemrotes. “Ini bertentangan dengan Islam, “ tambahnya.

Hassan Al-Asiri, aktor Arab dan produser bersama Al Maliki yang tampil dan memperoduksi film Menahi, dia mengharapkan, perubahan kultur modern lewat bioskop di kota Riyad tidak drastis. Dia menyatakan selama 10 tahun hanya film Arab yang tampil, 7 tahun berikutnya ditambah film produksi Timur Tengah yang ditampilkan.

“Mengontrol bioskop jauh lebih mudah daripada teve. Saat sekarang ada 18 juta televisi di Arab. Siarannyalangsung masuk ke rumah, tanpa sensor dan tanpa pengawasan, “ ungkapnya.

Selama ini warga Arab Saudi yang ingin menonton film di bioskop harus pergi ke negeri tetangga, khususnya Kuwait dan Abu Dhabi.

0 Comentar:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

TERIMAKASIH Juragan. :X :X
Saran dan kritik selalu saya harapkan untuk kemajuan blog ini , Dilarang Spam , No SARA

Jangan Lupa Para Agan Untuk Ngasih Informasi Jika Link - Link Download Sudah di Delete Agar Koleksiku Bisa Memperbarui :)]